BBBlog

loading...

Tuesday, September 6, 2016

Posted by Dadan Febriansyah on 6:09 PM in , , | No comments
Seperti yang telah diketahui bersama jika virus Zika sudah sampai ke Singapura dan beberapa warga negara Indonesia pun sudah terinfeksi virus Zika. Dan tahukah Anda jika virus Zika tak hanya membahayakan, virus Zika juga sangat mengancam kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.



Sebab virus Zika mampu membuat tumbuh kembang organ janin menjadi tidak maksimal. Nah, agar Anda memiliki perhatian yang lebih dengan virus ini maka sebaiknya Anda mengetahui beberapa fakta penting tentang virus Zika seperti di bawah ini seperti yang dilansir merdeka.com.

Virus Zika disebarkan oleh gigitan nyamuk
Fakta utama yang harus Anda ketahui tentang virus Zika adalah virus ini disebarkan oleh nyamuk Aedes.

Virus Zika bisa menyebar lewat hubungan seks
Ketika seseorang terkena virus Zika dan berhubungan seks dengan orang sehat lainnya tanpa menggunakan kondom, maka virus ini bisa menular.

Demam, gejala awal virus Zika
Selain demam, beberapa gejala awal dari virus Zika adalah sakit kepala, nyeri sendi, munculnya ruam di tubuh, nyeri otot, hingga konjungtivitis, Semua gejala ini akan berlangsung selama 2-7 hari. Oleh karena itu jika kamu merasakan hal di atas pada tubuh Anda, maka sebaiknya periksakan kesehatan tubuh Anda.

Belum ada vaksin virus Zika hingga saat ini
Hingga saat ini, para peneliti kesehatan masih bekerja keras untuk menemukan vaksin guna menyembuhkan virus Zika.

Ibu hamil dan janin berisiko tinggi terkena virus Zika
Seperti dijelaskan di atas, para ibu hamil dan janin berisiko tinggi untuk terkena virus Zika. Dampak dari virus Zika ini bisa menyebabkan bayi lahir dengan keadaan microcephali atau lahir dengan kepala kecil, menyebabkan keterbelakangan mental, serta keterlambatan untuk bicara.

Virus Zika sendiri awalnya berasal dari Afrika pada tahun 1947 di hutan yang bernama Zika, di daerah Uganda. Di tahun 1951-1981, virus ini mulai menginvasi di seluruh Asia dan Afrika. Lalu pada tahun 2007, sekitar 73% dari total penduduk Polinesia terinfeksi virus ini. Kemudian di tahun 2014, virus ini untuk pertama kalinya menguasai Amerika Latin.

Well, virus Zika memang menakutkan. Namun Anda bisa mencegah dirimu agar tidak terkena virus ini dengan cara selalu membersihkan area yang berisiko tinggi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk seperti kolam renang, pot tanaman, atau bak mandi.

0 comments:

Post a Comment

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter